Our Planet, Our Future

by L.N. Firdaus

 

“Whether humankind has the collective wisdom  to navigate the Anthropocene to sustain a livable biosphere  for generations to come and for the rest of life with  which we share the planet is the most formidable challenge facing our species.”

—Carl Folke

 

Salam Ilmu Pengetahuan,

Pada 26-28 April 2021, KTT Hadiah Nobel pertama: Planet Kita, Masa Depan Kita telah diselenggarakan acara virtual yang berfokus pada tantangan global yang mendesak: perubahan iklim dan hilangnya keanekaragaman hayati; meningkatnya ketidaksetaraan; dan transformasi sosial yang cepat.

The National Academic Press, Washington D.C. telah menerbitkan prosiding yang memuat ringkasan faktual dari apa yang dipresentasi dan diskusikan pada pertemuan puncak tersebut.

Secara garis besar prosiding sebanyak 93 halaman berwarna ini terdiri dari empat bagian: 1) Pendahuluan, 2) Bumi Kita, 3)Terobosan-terobosan, dan 4) Masa depan kita.

Apa saja detail ringkasan substansi pemikiran para Peraih Nobel 2021 itu, dapat disimak dalam Proceeding of 2021 Nobel Prize Summit yang bisa diunduh melalui tautan berikut  ini:

https://drive.google.com/file/d/1XEdoxU6-m40Zr427ae3qC6GKR6nu5UKu/view?usp=sharing

Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

“To enable society to realize the benefits of science, science must reach the public and  policy makers through translation  and communication.”

– Victor Dzau

 

Wassalam,